Bukankah manusia adalah makhluk yang sangat mencintai kewajaran?

Hal yang berada diluar kewajaran, dengan satu dan lain cara, selalu diberi label negatif oleh manusia. Baik itu adalah hal abstrak seperti angan atau gagasan, hal indrawi seperti suasana dan lokasi, hingga segala hal yang bernyawa. Termasuk di dalamnya juga sesama makhluk manusia.

Aku sering merasa (dan perasaanku ini pun sering dibenarkan oleh orang-orang di sekitarku) bahwa aku ini orang aneh. Dan meski sejatinya aku pun manusia, aku sudah biasa disebut dengan label-label negatif yang seakan membantah kemanusiaanku. Tak harus monster. Orang buangan, alien, bahkan iblis. Kau pasti menyadari banyaknya sebutan semacam ini di sekitar lingkunganmu kan? Aku yakin itu, karena memang ini terjadi dimana-mana.

Aku menemukan kebenaran dalam pernyataanmu diatas: dalam diri setiap manusia pasti ada monster. Manusia merasa bersalah atas keberadaan monster tersebut. Ia merasa sang monster adalah sesuatu yang harus dimusnahkannya agar ia bisa suci kembali.

Tapi kau tahu apakah upaya yang dilakukan sejumlah besar manusia untuk memusnahkan monster dalam dirinya?

Ia menistakan monster milik manusia lain. Dengan begitu ia akan merasa: ‘Monsterku tak lebih buruk dari monsternya, aku lebih suci darinya.

Kemudian, sesaat ia puas berada dalam kesucian yang semu.

Seharusnya ada cara lain untuk membunuh sang monster, tapi aku tak akan mencoba lagi. Ketimbang memaksakan diri menjadi manusia suci, aku lebih memilih untuk merangkul monster dalam diriku dan berteman dengannya. Ternyata ia teman yang baik, padahal dulu aku sering berusaha membunuhnya.

Monster berbuat baik dengan caranya sendiri, cara yang tak bisa dipahami oleh manusia. Dan karena ketidakpahamannya, manusia memandang perbuatan monster sebagai sesuatu yang buruk. Padahal, baik-buruk itu sangatlah bias, karena berdasar pada persepsi.

Entah ini benar atau salah, tapi aku sungguh merasa begitulah keadaannya.

I write to comprehend humanity. If you enjoy my stories, consider buying me a coffee: ko-fi.com/aushaf.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store